Pages

My Cyber

Pengunjung

Labels

Blog Archive

Sabtu, 29 Desember 2012

Remote Web Dekstop

Operating system khusus ponsel Google Android memang berbeda dengan yang lain, beragam fitur ditawarkan mulai dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks. Mulai dari yang gratis, sampai dengan yang berbayar dan semuanya powerful digunakan pada gadget Android. Salah satunya adalah Tethering and WiFi Sharing yang bisa digunakan sebagai media komunikasi antar gadget lewat jaringan nirkabel. Secara sederhana, fitur ini akan membuat ponsel Android menjadi wireless router yang bisa diakses perangkat lain menggunakan koneksi WiFi.
Remote Web Desktop, Aplikasi Powerfull Untuk Remote Ponsel Android
Sebagai contoh, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan fitur Tethering and WiFi Sharing yang digabungkan dengan aplikasi Remote Web Desktop dan bisa diakses lewat notebook sebagai remote control dari ponsel Android. Langkah-langkah untuk mengkoneksikan Dell Streak 7 menggunakan aplikasi Remote Web Desktop adalah sebagai berikut:
Konfigurasi pada Dell Streak 7 (Untuk merek lain, pengaturannya tidak akan jauh berbeda)
  • Nyalakan Tethering and WiFi Sharing dengan cara masuk Settings, Wireless and Networks, Tethering and WiFi Sharing dan aktifkan WiFi Sharing AndroidAP.
    WiFi Sharing Tethering
  • Masuk ke bagian Wi-Fi Sharing Settings dan pilih Configure WiFi Sharing. Pada pilihan Security, pilih Open agar lebih mudah dalam penanganan selanjutnya. Terakhir pilih Save.
    Konfigurasi WiFi Sharing
  • Selanjutnya, jalankan aplikasi Remote Web Desktop.  Pilih port sesuai dengan keinginan anda. Untuk memudahkannya, gunakan port default  8889 agar lebih mudah diingat. Jangan lupa masukkan juga password untuk mengakses WiFi dari Ponsel Android.
Setting Dell Streak telah selesai, waktunya untuk setting notebook agar terkoneksi dengan router WiFi yang ada di dalam Android Tablet.
Konfigurasi pada notebook (Sebagai contoh, digunakan notebook Compaq CQ42-207TU dengan koneksi wireless standard)
  • Setting koneksi WiFi secara default dengan menggunakan DHCP agar bisa terhubung dengan baik.
    DHCP IP Address pada komputer Remote Desktop Android
  • Stelah itu, cek sinyal WiFi dari ponsel Android dengan cara klik kanan pada icon WiFi (Berada di pojok kanan bawah), pilih View Available Wireless Networks.
    Available Network Dell Streak 7 Android Froyo 2.2
  • Pilih AndroidAP kemudian klik tombol Connect di bawah.
    Memilih Android sebagai media berkomunikasi
Notebook dan Streak 7 sudah selesai disetting dan akukan test apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Lebih jelasnya bisa ikuti petunjuk di bawah ini.
Proses Remote Android Menggunakan Aplikasi Remote Web Desktop
  • Kembali ke aplikasi Remote Desktop pada Android, pilik Start Server. Lihat pada bagian situ, berapa IP addressnya. Pada contoh bisa dilihat IP Address yang tertulis “Open http://192.168.43.1:8889/ in PC browser“, artinya anda harus mengetikkan alamat tersebut di web browser seperti Mozilla Firefox atau browser yang lain.Webshot Deskto Applications
  • Kembali ke notebook lagi, buka web browser masukkan alamat http://192.168.43.1:8889
  • Web browser akan meminta adan untuk memasukkan password.  Masukkan password sesuai dengan password yang anda masukkan sebelumnya.
    Password dari Ponsel Android
  • Jika password yang anda masukkan benar, anda bisa menggunakan failitas ini untuk beberapa hal seperti melakukan copy file dari dan ke Android Gadget. Jika terbiasa menggunakan FTP server, menggunakan aplikasi ini bukan perkara yang sulit.
    Daftar file Android yang akan diinstall
  • Remote Desktop ini juga bisa untuk me-manage SMS dari ponsel Android tanpa harus memegang ponsel itu sendiri. Cukup gunakan fitur Messaging pada Remote Desktop.
    SMS Center yang (Kata orang) tentang politik yang kaget
  • Wallpaper dari gadget Android juga bisa diganti. Anda bisa iseng untuk mengganti background dengan tanpa memegang ponsel Android.
Meskipun aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan (Mengingat beberapa tool yang belum berfungsi), nampaknya aplikasi ini sudah cukup powerfull untuk memudahkan proses transfer file dari dan ke Android. Jangan lupa juga, aplikasi ini bisa didapatkan dengan gratis di Android Market.
Selain menggunakan protokol HTTP, pengguna Android juga bisa memanfaatkan protokol FTP sebagai media penghubung. Untuk menggunakan protokol FTP, sama dengan ketika menggunakan protokol HTTP, hanya perlu setting pada ponsel Android.

0 komentar

Posting Komentar