Pages

My Cyber

Pengunjung

Labels

Blog Archive

Kamis, 14 Februari 2013

Makalah Budaya Hidup Sehat

Menerapkan Pengertian Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat merupakan sebuah konsep kehidupan dengan mengutamakan berbagai kegiatan hidup yang berbasis pada langkah-langkah sehat. Wajar saja jika pada akhirnya mulai dari keluarga kecil kita sudah diterapkan pengertian hidup sehat secara maksimal dan dijadikan sebuah kebiasaan baik.

Hidup Sehat

Pengertian budaya hidup sehat  adalah konsep hidup yang mengedepankan upaya-upaya dan kegiatan-kegiatan hidup yang sehat. Dengan penerapan konsep hidup sehat ini, maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin dapat menyerang tubuh kita. Mulai dari jenis penyakit menular atau bahkan penyakit yang tidak menular.

Setidaknya dalam hal ini kita secara terus menerus mencoba untuk mensosialisasikan pengertian budaya hidup sehat kepada masyarakat. Hal ini sangat penting sebab salah satu dasar kebahagiaan hidup kita adalah kesehatan tubuh. Selain itu, juga dicontohkan adanya pengaruh dan manfaat yang positif dalam kehidupan ketika budaya hidup sehat semakin dilestarikan dalam kehidupan masyarakat.

Jika tubuh kita sehat, maka segala kegiatan hidup kita dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Dan, hal tersebut hanya dapat kita capai jika pengertian budaya hidup sehat sudah menjadi bagian integral diri kita. Namun sebaliknya, jika hal itu tidak diperhatikan dengan baik, maka segala kegiatan hidup akan tidak terencana dan terkesan kacau dan ruwet.

Kita memang sudah seharusnya membudayakan hidup sehat dalam kehidupan masyarakat kita. Dengan program pembudayaan hidup sehat, maka setidaknya kita dapat membiasakan setiap personal agar hidup sehat. Jika setiap personal mampu membiasakan hidup sehat, maka pengaruhnya akan berkembang baik dalam lingkungan masyarakat secara komunal hingga menyeluruh.

Apalagi untuk keluarga kecil, maka budaya hidup sehat bukanlah sesuatu yang sulit untuk diterapkan. Jika semua anggota keluarga memahami pengertian budaya hidup sehat, maka secara serempak kita dapat menerapkan pola hidup sehat. Keluarga kecil menjadi bagian dari langkah utama pembiasaan budaya hidup sehat yang tepat. Alasannya tentu berkaitan dengan jumlah personal dan mudahnya membentuk kesadaran hingga menjadi kebiasaan.

Keluarga kecil akan merasakan kenyamanan dengan adanya budaya hidup sehat yang mereka biasakan hingga lahirlah kesadaran. Ketika hal itu sudah berlangsung secara maksimal, maka akan tampak pada kehidupan masyarakat secara komunal hingga menyeluruh. Inilah pengaruh positif  yang asalnya dari pembiasaan keluarga kecil.

Keluarga kecil yang sehat

Keluarga kecil adalah sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua orang anak. Dalam keluarga kecil ini,masing-masing elemen mempunyai peranan masing masing. Adapun hal yang jika diperlukan, maka mereka dapat mensinkronkan diri untuk berperan secara bersama-sama. Hal itu tentu saja berkaitan dengan jumlah di dalam keluarga tersebut yang masih dalam jangkauan pengawasan secara maksimal.

Dalam kebersamaan untuk berbagai macam kegiatan keluarga, maka masalah kesehatan dalam keluarga bukanlah masalah rumit. Setiap anak dapat menerapkan konsep kesehatan sehingga pola kehidupannya sangat kental dengan gaya hidup sehat. Tentu saja anak akan mencontoh kebiasaan orang tuanya secara berproses terutama dalam hal menjaga kesehatan.

Mereka tidak akan melakukan hal-hal yang dapat mengancam kesehatan dirinya dan juga keluarganya. Mereka menjaga kesehatan diri dan keluarganya secara maksimal dengan berperan aktif dalam pengkondisian hidup keluarga. Langkah pengkondisian tersebut dapat dimulai dari menjaga kesehatan makanan, minuman, lingkungan dalam rumah, lingkungan luar rumah, kesehatan diri sendiri dan sebagainya.

Penerapan budaya hidup sehat akan sangat efektif jika keluarga termasuk dalam kelompok keluarga kecil. Hal ini  tentu saja karena keluarga kecil memungkinkan kita terus berinteraksi dan komunikasi aktif untuk setiap orang pada setiap situasi dan kondisi. Keluarga kecil ini akan terus mengupayakan membentuk keluarga sehat setiap waktunya dengan cara pengontrolan yang mudah dan efektif setiap hari.

Kebersamaan dan keakraban kita itulah yang menyebabkan keluarga kecil mempunyai kesempatan menerapkan gaya hidup sehat sebaik-baiknya daripada keluarga besar. Keluarga dengan jumlah anak banyak yang memiliki kemungkinan membutuhkan upaya lebih banyak daripada keluarga kecil.

Hal-hal yang Mencerminkan Gaya Hidup Sehat

Untuk dapat mencapai kondisi hidup dengan tingkat kesehatan maksimal, maka kita memang harus menerapkan gaya hidup sehat secara maksimal pula. Untuk hal tersebut, maka setidaknya kita mengetahui beberapa pola hidup yang mencerminkan hidup sehat dan sebenarnya semua itu bukanlah sesuatu yang mahal untuk menebus harga kesehatan yang begitu mahal. Pola tersebut adalah:
1. Berolahraga secara rutin
Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat! Begitu sebuah pepatah kita dengar setiap saat. Dan, memang kenyataannya seperti itu, jika tubuh kita sehat, maka kemampuan pikiran kita dapat maksimal. Dengan kemampuan pikiran maksimal tersebut, maka hal tersebut mencerminkan tingkat kesehatan jiwa atau pikiran kita.

Dan, salah satu cara untuk dapat menyehatkan pikiran adalah dengan berolahraga secara teratur. Dalam konteks ini, kita tidak hanya mendapatkan  kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan jiwa.

Oleh karena itulah, untuk membudayakan hidup sehat dengan menerapkan gaya atau pola hidup sehat. Adapun salah satu cara yang dapat kita terapkan adalah dengan berolahraga secara rutin. Tentunya olahraga yang dimulai dengan olahraga ringan tapi teratur.
2. Mengkonsumsi makanan sehat
Makanan seringkali menjadi sumber penyakit! Ya, seringkali penyakit yang kita derita adalah akibat dari makanan yang kita konsumsi.
Hal paling utama yang harus kita sadari adalah bahwa hampir seluruh jenis penyakit berawal dari lambung atau perut kita. Dan, hal tersebut berarti terkait dengan makanan yang kita konsumsi. Jika kita salah mengkonsumsi makanan, maka akibatnya dapat menyebabkan kita sakit.
Oleh karena itulah, untuk membudayakan hidup sehat, maka salah satunya adalah dengan cara membudayakan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan cara seperti ini, maka lambung, perut kita tidak mengalami sakit dan secara signifikan  hal tersebut mencegah tubuh kita sakit.
3. Istirahat yang cukup
Istirahat dibutuhkan tubuh untuk memberikan kesempatan tubuh, organ-organ tubuh melakukan regenerasi dengan mengembalikan kesegaran masing-masing organnya.
Dengan istirahat, maka beban kerja organ tubuh dapat terkurangi, dihilangkan sehingga tidak lagi bekerja keras. Dengan demikian, maka organ tubuh tidak capek dan sebagainya.
Dalam menerapkan gaya hidup sehat, kita harus menerapkan atau memberikan kesempatan kepada organ tubuh untuk beristirahat dari kerja keras yang dilakukannya sepanjang hari. Dengan kesempatan istirahat tersebut, maka kebugaran organ tubuh dapat dijaga.
Istirahatlah yang cukup, maka tubuhmu akan kembali segar dan akan terasa lebih nikmat dan nyaman. Dengan istirahat yang cukup, maka kita menjadi orang yang beruntung.

Budaya hidup sehat memang sudah seharusnya diterapkan sejak sekarang, walaupun agak terlambat. Hal ini karena kesehatan itulah yang menyebabkan hidup kita bahagia dan nyaman. Jika kita sehat, hidup terasa hidup dan indah. Tetapi jika hidup tidak sehat, rasanya sangat tersiksa.

Kita pilih yang mana?

4 komentar

Ardiyansyah 10 April 2013 pukul 01.54

Info kontes seo: Kontes SEO Terbaru Starting 7 April 2013 Hadiah Jutaan Rupiah !! Ikuti dan Menangkan !! Informasi Lebih Lanjut: http://kontesseo.anekahosting.com

Aeng Egelszy 28 Mei 2013 pukul 00.07

Thanks gan atas infonya

Aeng Egelszy 28 Mei 2013 pukul 00.09

Gan jangan lupa buka blog saya ya... tercacau.blogspot.com

Anonim

Makalah Budaya Hidup Sehat >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Makalah Budaya Hidup Sehat >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Makalah Budaya Hidup Sehat >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Posting Komentar