Pages

My Cyber

Pengunjung

Labels

Blog Archive

Kamis, 27 Desember 2012

Apple VS Samsung






VS




 Inilah perang terbuka yang melibatkan dua perusahaan teknologi ultra-raksasa, khususnya yang memproduksi lebih dari separuh seluruh jumlah telepon seluler pintar dan tablet yang beredar di dunia ini. Namun sebenarnya genderang perang keduanya sudah ditabuh jauh sebelum tahun 2012.

Medio 2011, alih-alih bertarung di pasar, Apple mulai giat memerangi kompetitornya di pengadilan. Berawal dari sembilan gugatan, perang kemudian melebar menjadi lebih dari 50 kasus yang tersebar di banyak negara di dunia, melibatkan klaim kerugian miliaran dolar AS.

Dari sekian banyak kasus itu, tudingan Apple kebanyakan terletak pada desain sejumlah produk Samsung yang dinilai meniru desain mereka. Desain yang dicontek antara lain adalah sudut berujung membulat, bezel di sisi gadget dan penampang bagian belakang.

Namun di antara banyak gugatan tersebut, yang paling menyedot perhatian adalah gugatan di Amerika Serikat. Pada pekan terakhir Agustus 2012, Pengadilan California memutuskan Samsung memang melanggar sejumlah hak paten Apple. Sebagai konsekuensinya, Samsung diharuskan membayar ganti rugi $1 miliar alias sekitar Rp9,6 triliun.

Sejumlah pihak bereaksi negatif terhadap keputusan pengadilan tersebut. Ada yang mempertanyakan kompetensi juri dalam menilai sengketa teknologi, ada juga yang menunjukkan bahwa desain yang dituduh mirip telah dipakai Samsung jauh sebelum kehadiran produk-produk Apple.

Selain itu, muncul juga sentimen nasionalisme. Pengadilan memenangkan Apple karena warga Amerika ingin melindungi produk negeri sendiri dan pasarnya dari serbuan Samsung (Korea Selatan).

Setelah putusan pengadilan itu, perang tidak lantas selesai. Selain Samsung yang melakukan banding dan menggugat balik, Apple juga mengajukan gugatan tambahan seperti permintaan agar delapan produk Samsung dilarang dijual di Amerika.

Meski kalah di Amerika, nasib Samsung di negara-negara lain tidak seburuk itu. Di Jepang, hakim memutuskan Samsung tidak melakukan pelanggaran. Pengadilan di Inggris juga menyatakan Samsung tidak menjiplak desain Apple walau ada beberapa kesamaan. Sementara di kandang Samsung, Korea Selatan, pengadilan memutuskan keduanya sama-sama melanggar hak paten.

Di akhir 2012 ini, perang Apple vs Samsung sedikit mereda, walau bukan berarti api pertempuran telah padam. Nyaris pasti, masih akan ada gugatan dan tuntutan ke pengadilan dari kedua kubu yang bakal menyita perhatian dunia.

0 komentar

Posting Komentar